Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages


Aceh Sabet 3 Juara di Anugerah Pesona Indonesia Award 2019

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019) malam.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenparekraf Guntur Sakti menyebut API merupakan acara yang positif. Sebab, melalui API wisata di daerah menjadi dikenal publik.

“Harapannya ajang ini menjadi cara efektif dalam mempromosikan berbagai objek dan destinasi wisata populer di tanah air,” ujar Guntur Sakti.

Ketua Panitia Penyelenggara API 2019 Hiro Kristianto menuturkan, penyelenggaan API bertujuan mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah (Pemda) untuk mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Melalui ajang API kami ingin mengangkat dan memopulerkan seluruh potensi pariwisata Indonesia dari perkotaan hingga yang ada di pelosok desa,” kata Hiro Kristianto.

Indonesia, kata dia, mempunyai beragam jenis wisata populer di daerah. Beberapa masih bisa dikembangkan seperti destinasi wisata budaya, wisata alam, wisata buatan, wisata halal, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga atraksi petualangan, festival pariwisata, destinasi wisata belanja, seni dan kreativitas.

Dari tujuh nominasi yang masuk dalam 18 kategori API Award, tahun ini hanya 3 nominasi dari Aceh yang berhasil membawa pulang juara, yakni Mangrove Forest Park dari Kota Langsa kategori Ekowisata Terpopuler yang juga berhasil menjadi juara Favorit API 2019, Kilometer Nol Indonesia dari Sabang kategori kategori Destinasi Unik Terpopuler, dan Tansaran Bidin dari Bener Meriah kategori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Jamaluddin, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas keberhasilan tiga daerah di Aceh yang berhasil mendapatkan penghargaan tingkat nasional tersebut.

“Yang pertama kami ucapkan selamat untuk Kota Langsa, Kota Sabang, dan Kabupaten Bener Meriah. Semoga dengan terpilih dan menjadi juara di Anugerah Pesona Indonesia 2019 ini, menjadi sarana bagus untuk mempromosikan potensi wisata daerah dan pastinya kita harapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah,” ujarnya.

Baca Juga  Berbagi Inspirasi “I Love Aceh” bagi Pelajar di Smong Box

Seperti diketahui, penyelenggaraan API tahun 2019 ini diikuti oleh 34 provinsi dan 143 kabupaten/kota dengan menampilkan 180 nominasi yang termasuk dalam 18 kategori.

//Sumber

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *