Higashi-Matsushima City Disaster-Ready Smart Eco-Town

Banda Aceh (Antaranews Aceh) – Pemerintah Kota Banda Aceh memfokuskan kerja sama dengan Pemerintah Kota Higashimatsushima, Jepang, di bidang pariwisata.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, kerja sama tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Fokus kerja sama dengan Higashimatsushima di bidang pariwisata. Selain itu juga bidang perikanan dan kelautan, mitigasi bencana, dan lingkungan hidup,” kata Aminullah Usman.

Pernyataan tersebut dikemukakan Aminullah Usman dalam pertemuan dengan Wali Kota Higashimatsushima Iwak Atsumi.

Aminullah mengatakan, Kota Banda Aceh tidak memiliki sumber daya alam. Namun, ibu kota Provinsi Aceh tersebut memiliki sumber daya pariwisata yang layak dikunjungi.

Wali Kota menyebutkan, sumber daya pariwisata tersebut di antaranya cagar budaya, wisata religi, kesenian, kuliner, dan lainnya yang menjadikan Banda Aceh sebagai daerah tujuan wisata.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan wisatawan Jepang, terutama dari Kota Higashimatsushima berkunjung ke Banda Aceh,” kata Aminullah menyebutkan.

Menurut Wali Kota, dengan banyaknya kunjungan wisatawan, tentu berdampak kepada ekonomi masyarakat, sehingga perekonomian meningkat. Maka dengan sendirinya angka kemiskinan dan pengangguran bisa menurun.

“Kami berharap, kerja sama dengan Pemerintah Kota Higashimatsushima terus ditingkatkan. Tidak hanya bidang pariwisata, tetapi juga bidang lainnya,” kata Aminullah Usman.