Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan tetap mempertahankan pelaksanaan kegiatan pariwisata rutin dan memasukkannya dalam Calendar of Event (CoE) The Light of Aceh 2019.

Hingga saat ini, realisasi untuk merampungkan penyusunan kalender even kegiatan yang akan digelar sepanjang tahun 2019 sedang dipersiapkan dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Realisasi penyusunan kalender even sedang disusun dan telah mencapai 60 persen,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Amiruddin.

Ia menjelaskan dalam penyusunan kalender kegiatan tersebut, Disbudpar Aceh tetap mempertahankan branding wisata “Cahaya Aceh” atau The Light of Aceh” guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

Menurut Amiruddin, CoE 2019 nantinya akan ada beberapa kegiatan sebelumnya sifatnya tetap dan juga beberapa kegiatan baru dari kabupaten/kota yang ada di Aceh.

Adapun kegiat apopuler yang juga masuk dalam 100 Wonderful Indonesia Event 2019, yakni Gayo Alas Saman Festival, Aceh Culinary Festival, Aceh Diving festival dan ada juga Sabang Freediving competition.

“Berbagai kegiatan yang kita jadwalkan sepanjang tahun 2019 ini, semata-mata untuk terus membangun pencitraan Aceh secara positif di mata masyarakat wisatawan dalam dan luar negeri sehingga minat berkunjung ke Aceh semakin meningkat setiap tahunnya,” katanya.

Ia mengatakan beragam atraksi yang disiapkan sepanjang tahun 2019 tersebut juga bagian menghilangkan kesan Aceh miskin atraksi wisata, miskin dalam kreasi dan masyarakat Aceh tumpul dalam melayani serta terbatas dalam mendukung industri.

“Kegiatan ini bukan hanya membuka lapangan kerja dan peluang usaha sekaligus memperkenalkan Aceh dengan ragam pesona alam dan budaya serta gaya hidup masyarakat Aceh yang sangat bersahabat dan berlomba dalam memajukan negeri,” katanya.

Ia juga menambahkan beragam kegiatan tersebut tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten/kota terutama bupati dan wali kota serta semua komponen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk memajukan sektor pariwisata melalui semangat Cahaya Aceh.