Visitbandaaceh.com – Foto udara jembatan Lamnyong, Darussalam. Banda Aceh. Jembatan baru ini untuk mengantisipasi membludaknya jumlah mahasiswa di dua kampus terbesar di Aceh, Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Foto bagus ini menunjukkan hijaunya lingkungan disekitar jembatan baru. Tapi, jika dilihat dari bawah, kawasan ini termasuk kurang tertata. Contoh : Di sekitar kawasan hijau ini ada pusat Tempat Pembuangan Sampah (TPA), dan di foto ini juga tampak sungai yang terbengkalai, tidak diurus. Pohon-pohon juga belum ditebangi. Dan disekitar jembatan sudah mulai banyak orang berjualan yang kemungkinan berdampak akan menambah kemacetan jika tidak diatur dan dikelola sejak dini.

Menara Masjid yang sedikit terlihat itu adalah Masjid Al Hasyimiyah atau lebih dikenal dengan Masjid Putih Darussalam. Dan rumah di sebelahnya adalah rumah zaman Belanda milik residen Aceh, Teuku Nyak Arief. Sayangnya, rumah megah ini tidak difungsikan dan tidak dapat dikunjungi oleh umum. Makam beliau berada diseberang jembatan, di kawasan Lamreung.

Lebih 50 ribu mahasiswa belum termasuk dosen dan masyarakat setiap hari aktif melewati jembatan ini. Dan kawasan Darussalam ini memang saat ini sangat padat, disepanjang simpang galon menuju gerbang Darussalam, jalanan macet. (tf)

View this post on Instagram

JakLom #jakuaceh #aceh #bandaaceh

A post shared by @ _loentuan on