Banda Aceh (Antaranews Aceh) – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menginstruksikan seluruh satuan kerja perangkat kota (SKPK) mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Kota (APBK) 2019.

“Kami instruksikan kepada semua satuan kerja untuk merealisasikan anggaran, baik belanja maupun pendapatan,” kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Senin.

APBK Banda Aceh 2019 terdiri atas pendapatan daerah Rp1,225 triliun dan belanja Rp1,247 triliun. Sedangkan penerimaan pembiayaan Rp30 miliar dan pengeluaran pembiayaan Rp7,8 miliar.

Untuk belanja, lanjut Wali Kota, satuan kerja diingatkan untuk segera melakukan proses pelelangan pengadaan barang dan jasa yang tertuang dalam APBK 2019.

Jika lelang pengadaan barang dan jasa disegerakan, kata Aminullah Usman, Pemerintah Kota Banda Aceh memiliki waktu yang cukup menyelesaikan semua proyek yang dibiayai APBK 2019.

“Dengan cepatnya realisasi anggaran juga berdampak pada menggeliatkan perekonomian masyarakat. Karena itu, kami instruksikan segera realisasikan anggaran 2019,” kata Aminullah Usman.

Selain kepada satuan kerja, Wali Kota juga mengingatkan para keuchik atau kepala desa di Kota Banda Aceh juga segera merealisasikan alokasi dana gampong (ADG).

Dengan percepatan realisasi dana desa tersebut, kata Aminullah, program kerja yang direncanakan bisa terealisasi tepat waktu. Dan paling penting, realisasinya bisa mencapai 100 persen.

“Tahun lalu ada dua gampong yang macet realisasi dana desanya. Tahun ini harus bisa 100 persen. Bereskan dari awal jika ada kendala sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan,” demikian Aminullah Usman.