Snap 2018-10-22 at 10.22.35

Visitbandaaceh.com –  Gampong Siem merupakan Gampong penghasil tenun songket Aceh yang terkenal. Lokasinya berada di luar kota Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Darussalam, kab. Aceh Besar. Jika anda ingin berkunjung ke Gampong (desa) ini dapat ditempuh dengan menaikin Trans Kutaraja turun di Gampong Tungkop, Kemudian bisa melanjutkan dengan Ojek atau Becak.

View this post on Instagram

Raudhi Sabra, penenun songket Aceh dari Gampong (desa) Siem, Kecamatan Darussalam, Kab. Aceh Besar. Raudhi meneruskan warisan indatu tenun songket dari keluarganya, yaitu dari sang Ibu yang bernama Darliana. Raudhi yang saat ini menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Banda Aceh merupakan salah seorang penenun termuda di antara beberapa penenun yang masih aktif di gampong Siem, desa yang pernah masyhur dengan produk tenun suteranya. Foto diambil saat gelaran Pekan Kebudayaan Aceh VII pada awal bulan Agustus 2018 yang lalu. . . Saat ini sangat diharapkan adanya upaya serius untuk pendampingan usaha tenun tradisional songket Aceh ini, baik dari pemerintah maupun pihak-pihak lainnya yang dapat berperan sebagai bapak asuh, dalam mendorong bangkitnya kembali warisan indatu ini. . . Memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Asalkan ada upaya yang serius, songket Aceh insya Allah dapat kembali memperoleh tempat terhormat dalam jajaran produk kerajinan kriya nusantara bahkan dunia, seperti masa-masa kejayaannya ratusan tahun silam. . . Foto: Dokumentasi Raudhi Sabra. . . . #ILSArepost #ceritasongketaceh #ilovesongketaceh #aslisongketaceh #songketaceh #acehwoven #thelightofaceh

A post shared by ILoveSongketAceh (@ilovesongketaceh) on

Sama halnya dengan kain songket di daerah lain seperti Lombok, atau Bali. Kain Songket Aceh juga biasa dipakai sebagai bagian dari pakaian adat Aceh baik dalam adat perkawinan, maupun acara budaya. Dan motif-motif kain Songket ini sangat beragam loh antaranya Bungong Kalimah, Pucok Reubong, Pinto Aceh dsb.

Nah bagi sobat pejalan, jika bertandang ke Aceh jangan lupa singgah ke Gampong Siem untuk melihat salah satu warisan budaya Aceh melalui kain Songket. (ER)