Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah rampungkan kalendar acara (calendar of event) 2019 dan berencana akan mengincar jumlah wisatawan mancanegara tahun 2019 sebanyak 150 ribu orang dan wisatawan nusantara 3 juta orang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin saat melakukan soft launching kalender even Aceh 2019 di ruang rapat Disbudpar Aceh, Senin (25/2/2019).

Dalam paparannya, Jamaluddin juga menyebutkan angka kunjungan wisatawan muslim ke Aceh juga ditargetkan meningkat, dari 35 ribu tahun 2018 menjadi 40 ribu tahun 2019. Mengingat Aceh juga pernah menyabet anugerah bergengsi internasional “World’s Best Halal Cultural Destination” tahun 2016 silam.

“Adanya anugerah wisata halal yang diberikan oleh International Travel Week (lTW) ini akan terus menjadi benchmark dan komitmen bersama bagi stakeholder dan pelaku pariwisata,” ungkapnya.

Pemerintah Aceh juga akan terus menjadikan pariwisata Aceh sebagai sektor unggulan dalam rangka mendukung Aceh Hebat melalui pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dari sisi promosi sendiri, kita juga masih mengadopsi strategi B.A.S. (branding, advertising dan selling) dengan tetap mengedepankan prinsip pelestarian lingkungan dan penguatan nilai-nilai budaya Aceh yang lslami,” ujar Jamaluddin.

Ia juga menyebutkan, penyelenggaraan 100 even Aceh 2019 sudah seharusnya memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi wisata yang patut dibanggakan dari daerah ujung barat Indonesia.

“100 event atraksi wisata yang dimaksud dibagi dalam dua segmen, yaitu 10 Top Event Aceh 2019 dan 90 Event Unggulan Aceh 2019. Semakin banyak jumlah atraksi wisata yang akan digelar diharapkan semakin memperkenalkan berbagai destinasi dan pesona wisata Aceh,” tutur Jamaluddin. (DISBUDPAR ACEH)



Siapkan Kalender Even, Disbudpar Aceh akan Incar 150 Ribu Wisman Tahun Ini