Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan di lokasi wisata, Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan (KOMPLIN) Universitas Malikussaleh kembali menggelar aksi bersih-bersih di lokasi wisata air terjun Blang Kolam, Aceh Utara, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan yang dikemas sembari rekreasi ini merupakan bentuk spontanitas dari anggota KOMPLIN yang bertujuan untuk menjadikan kawasan wisata bersih dan terjaga.

“Akhir pekan memang menjadi waktu bagi kami untuk rekreasi, kebetulan lokasi yang dipilih Blang Kolam. Setelah melihat kondisi lokasi air terjun dipenuhi sampah, anggota komunitas langsung bergerak,” sebut Abdul Fata selaku koordinator aksi.

Dengan bermodalkan kantung sampah, kata Fata, anggota KOMPLIN langsung bergerak sekira pukul 13.30 WIB hingga selesai dengan membersihkan area air terjun yang lokasi medannya sangat curam.

“Menuju area air terjun harus melalui jalan yang sangat curam, dikarenakan letak air terjun ini berada tepat dibawah jurang, untungnya sudah ada anak tangga yang lumayan meringankan perjalanan menuju ke lokasi utama ini,” jelas Fata.

Usai membersihkan area air terjun, tim KOMPLIN berhasil mengumpulkan sejumlah sampah yang didominasi oleh botol dan cup air mineral, bekas mi instan serta plastik.

“Sampah-sampah yang kami dapat ini langsung kami sortir, yang mana bisa diolah dan didaur ulang kami ambil,” sebut Fata.

Sementara sisa sampah lainnya, kata Fata, langsung ditempat di tempat pembuangan yang tersedia di sekitar areal parkir kendaraan.

Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan di lokasi wisata, Komunitas Mahasiswa Peduli Lingkungan (KOMPLIN) Universitas Malikussaleh kembali menggelar aksi bersih-bersih di lokasi wisata air terjun Blang Kolam, Aceh Utara, Sabtu (19/10/2019).Ketua KOMPLIN Unimal Abdurrahman Anizhar yang juga ikut dalam aksi tersebut berharap, para pengunjung lokasi wisata Blang Kolam agar mampu menahan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Buktinya sampah-sampah yang kami temukan ini tidak mungkin muncul sendirinya, pasti dibawa oleh pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke sini. Kita harap pengunjung peduli dengan kebersihan lingkungan untuk tidak buang sampah sembarangan,” tambahnya.

Baca Juga  Masyarakat Bogor Sambut Baik Perhelatan Festival Budaya Aceh

KOMPLIN Unimal sendiri, kata Anizhar akan terus turun ke lokasi wisata dan tempat-tempat publik untuk menggerakkan masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan sekitar.

“Jadilah seperti gajah yang mati meninggalkan gading (kebaikan), bukan seperti harimau yang mati meninggalkan belang (keburukan). Dimanapun posisi kita berada perbuatlah kebaikan, selalu menjaga dan melestarikan lingkungan supaya anak dan cucu kita kelak tidak melihat banyaknya keburukan,” pungkas mahasiswa arsitektur tersebut.

Selain memiliki tujuan untuk menyelamatkan lingkungan, KOMPLIN Unimal juga bercita-cita untuk menciptakan bumi bersih dan sehat.

Salah satu caranya adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara membiasakan diri dengan hal-hal yang kecil, seperti mengutip sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya, juga mengurangi penggunaan bahan plastik yang tidak dapat terurai dengan cepat.

//Sumber