Program Estafet Budaya Aceh yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melalui Bidang Sejarah dan Nilai Budaya akan segera berakhir.

Sebagai penutup rangkaian agenda tersebut, Disbudpar Aceh menggelar malam apresiasi budaya, Jumat (25/10/2019) malam di Gedung Tertutup Taman Seni dan Budaya Aceh, Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin melalui Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Irmayani, mengatakan kegiatan Estafet Budaya Aceh 2019 merupakan bagian dari program penyebarluasan nilai budaya Aceh tahun 2019.

Dia menyebutkan, serangkaian kegiatan ‘Estafet Budaya Aceh’ sudah dilangsungkan selama 12 September – 25 Oktober 2019 yang menyasar partisipasi generasi milenial Aceh.

“Diantaranya roadshow budaya ke sekolah dan kampus, pelaksanaan lomba film pendek, lomba penulisan blog, dan lomba foto Instagram yang mendapat antusias tinggi dari peserta,” jelas Irmayani, Kamis (24/10/2019).

Adapun pada Malam Apresiasi Budaya nanti, Irmayani mengungkapkan, ada tiga kegiatan utama yang dihadirkan yaitu pertunjukan seni budaya Aceh yang ditampilkan oleh seniman dan budayawan dari kaum milineal Aceh, berikutnya pengumuman dan penyerahan hadiah kepada seluruh pemenang lomba.

“Dan ketiga, paling penting dari acara besok malam adalah pemberian Anugerah Estafet Budaya kepada lima milenial Aceh yang sudah dijaring oleh panitia,” ujar Kabid Kabid Sejarah dan Nilai Budaya.

Dia menerangkan, penerima anugerah itu terdiri dari entrepreneur, blogger, pelestari warisan bduaya (kolektor), pelestari produk budaya (perajin), dan Youtuber yang selama ini menyebarluaskan nilai budaya Aceh dengan profesi khas mereka.

Irmayani menegaskan, pengadaan serangkain lomba dan pemberian anugerah budaya kepada kaum milenial Aceh sebagai upaya Pemerintah Aceh memberikan apresiasi dan mendorong kaum muda Aceh terus menyambung estafet budaya Aceh.

Baca Juga  Kadisbudpar Aceh Buka Festival Seudati 2019 di Pidie

“Zaman boleh berubah, tapi kebudayaan kita harus terus dilestarikan sesuai dengan perkembangan zaman. Di sini lah perannya kaum milenial,” katanya.

Pada acara tersebut, sejumlah atraksi seni akan hadir, seperti kolaborasi dari Juang Art Community yang merupakan peraih juara umum Aceh Musik Festival tahun 2017, pertunjukan drama oleh Tgk Ma’e Grup, dan penampilan musik oleh Apache 13.

//Sumber