Banda Aceh (Antaranews Aceh) – Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko mengingatkan prajurit TNI di jajarannya untuk tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2019.

“Kami ingatkan dan menekankan kepada seluruh prajurit untuk tetap menjaga netralitas TNI pada Pemilu 2019. Jangan pernah memihak kepada siapa pun,” tegas Pamgdam di Banda Aceh, Kamis.

Bagi prajurit TNI yang terlibat politik atau tidak bisa menjaga netralitasnya pada Pemilu 2019, akan ada sanksi tegas sesuai peraturan perundang-undangan.

Jenderal bintang dua itu juga mengingatkan komandan satuan agar menghindari penggunaan pangkalan militer sebagai tempat kegiatan kampanye, sebab pangkalan militer bukan lokasi kampanye.

“Karena itu, kami ingatkan setiap prajurit TNI di jajaran Kodam Iskandar Muda untuk tetap menjaga independensinya, tidak mendukung calon mana pun,” kata dia.

Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko menjelaskan, Kodam Iskandar Muda terus bersinergi dengan kepolisian guna menyukseskan Pemilu 2019 yang digelar serentak antara pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden.

Sedangkan untuk pengamanan pemilu, kata Pangdam, Kodam Iskandar Muda sudah menyiapkan pasukan yang akan diperbantukan dan di bawah kendali operasi atau BKO kepolisian.

“Kami bersama Polri juga sudah memetakan kerawanan pemilu sebagi bentuk bentuk antisipasi. Hingga kini Aceh tetap kondusif, dan tahapan pemilu berjalan lancar,” kata Pangdam.