Aceh Culinary Festival (ACF) 2019 telah berakhir, penutupan event tahunan ini ditutup langsung oleh Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata Haryanto, Minggu (7/7/2019) malam yang ditandai dengan penutupan ‘Connecting Door’ yang berada tepat dibelakang panggung utama.

Kegiatan kuliner dengan mengangkat tema “The Authentic Food Experience” yang digelar selama 3 hari ini menghadirkan ratusan gerai kuliner dan makanan serta 23 rumah makan kabupaten/kota di Aceh yang berada di anjungan masing-masing daerah.

“Ada 172 gerai seluruhnya yang disediakan oleh panitia, yang menawarkan ragam makanan dan minuman. Serta ada juga 23 kabupaten/kota seluruh Aceh yang berada di anjungan,” sebut Creative Director ACF 2019.

Jelang penutupan, tim panitia juga mencatat perputaran uang selama acara berlangsung di lokasi yang mencapai 4 miliar lebih.

“Dari catatan tim panitia jelang sore tercatat sekitar Rp 4,1 miliar. Dan masih terus direkap hingga malam sampai selesai yang kita prediksi bisa mencapai 5 miliar,” ungkapnya.

aceh culinary festival

Base Jam Bawakan Lagu ‘Bungong Jeumpa’

Malam penutupan ACF 2019 juga turut dimeriahkan oleh Base Jam, band yang ngetop di tahun 1990-an ikut membawakan lagu ‘Bungong Jeumpa’ yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari penonton yang hadir di lokasi acara.

Walau tidak bisa tampil maksimal, Sigit dan kawan-kawan dari Base Jam di malam penutupan hanya sempat membawakan 3 lagu karena satu dan lain hal.

“Yang pasti kita juga minta maaf terhadap Base Jam Friends di Aceh yang sudah mendukung dan menanti kami selama 25 tahun supaya kami akhirnya pertama kalinya ke Aceh,” jelas Sigit dalam video keterangannya.

Sebelum tampil di malam penutupan ACF, Sigit bersama rombongan yang tiba hari Sabtu (6/7/2019) di Banda Aceh langsung mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman serta menikmati kuliner dan kopi Aceh.

Baca Juga  Vegetarian sambut perayaan Imlek di Aceh

Panitia Umumkan Pemenang Lomba

Deretan agenda festival kuliner yang berlangsung selama 3 hari tersebut juga berlangsung meriah, di malam penutupan panitia juga mengumumkan sejumlah nama pemenang untuk sejumlah kegiatan, seperti lomba serba ikan, lomba menu B2SA, serta juara umum lomba masak ikan. Berikut nama-nama pemenangnya:

  • Lomba Serba Ikan (3 kategori) 1. Kategori Menu Keluarga (1) Banda Aceh, (2) Simeulue, (3) Aceh Timur, (4) Langsa (5) Aceh Tenggara; 2. Kategori Menu Balita: (1) Lhokseumawe, (2) Aceh Selatan, (3) Banda Aceh, (4) Aceh Besar, (5) Aceh Utara; 3. Kategori Menu Kudapan: (1) Langsa, (2) Aceh Utara, (3) Lhokseumawe, (4) Aceh Selatan, (5) Nagan Raya; 4. Juara Favorit : Aceh Barat Daya;
  • Lomba Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman)
    (1) Banda Aceh, (2) Langsa, (3) Bireuen, (4) Aceh Besar, (5) Aceh Barat, (6) Lhokseumawe
  • Juara Umum Lomba Masak Serba Ikan Lhokseumawe

Selain menu ikan, sejumlah lomba lain juga diumumkan seperti Duta Makan Aceh, Lomba Koki Aceh, dan Lomba Rumoh Makan Terbaik. Berikut nama-nama pemenangnya:

  • Duta Makan Aceh: 1) Surya Firdaus 2) Heri Surahman 3) Rahmat Razi Aulia 4) Hendra Gunawan 5) Muhammad Dani dan 6) Reza Satria;
  • Lomba Koki Aceh: 1) Rian Giovani 2) Ramadhana Dhana 3) Nurul Husna 4) Fir Daus 5) Muhammad Faqih Aan 6) Noera Nadia;
  • Lomba Rumoh Makan Terbaik: 1) Aceh Besar 2) Nagan Raya 3) Langsa 4) Pidie Jaya 5) Bener Meriah 6) Bireuen;

####Sumber####